Sibuhuan – Dengan persentase 94,98 % pemeluk agama Islam di Kabupaten Padang Lawas, menempatkan Padang Lawas sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah muslim terbanyak. Sehingga tidak heran jika di Kabupaten Padang Lawas banyak sekali kegiatan keagamaan khususnya agama Islam yang telah menjelma layaknya budaya. Kegiatan tersebut bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan keimanan masyarakat Padang Lawas saja akan tetapi kegiatan-kegiatan tersebut juga telah disulap menjadi ajang silahturahmi seluruh masyarakat Padang Lawas.

WhatsApp Image 2022 06 09 at 10.16.05

            Salah satu kegiatan keagamaan yang telah menjadi budaya di Kabupaten Padang Lawas adalah Pengajian Amaliyah Akbar. Pengajian Amaliyah Akbar merupakan kegiatan rutin pemerintah Kabupaten Padang Lawas yang dilaksanakan secara bergilir dalam setiap bulannya. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin religius pengajian yang dimaksudkan sebagai bentuk motivasi masyarakat Kabupaten Padang Lawas beriman. Pada bulan ini, kegiatan tersebut diselenggarakan dengan baik, tertib dan hikmat di Lapangan Sepak Bola Hutaibus, Keacamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas pada Kamis (09/06). Pada kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan Bapak M. Saifuddin, S.H.I, berkesempatan hadir bersama Pemerintahan Setempat, Perwakilan Instansi-Instansi setempat dan berbagai elemen masyarakat. Pelaksanaan pengajian amaliyah akbar kali ini digabungkan juga dengan kegiatan silahturahmi dan mubahatsah ulama dan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas.

WhatsApp Image 2022 06 09 at 13.00.42

Dengan banyaknya masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut, maka kebermanfatan kegiatan ini yang tujuan utamanya menciptakan masyarakat Kabupaten Padang Lawas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya) menjadi semakin luas lagi yaitu sebagai ajang silahturahmi bagi semua elemen masyarakat di Kabupaten Padang Lawas. Semoga kedepannya kegiatan ini konsisten dilaksanakan sehingga terwujud menjadikan Kabupaten Padang Lawas Beriman dan Bercahaya.