WhatsApp Image 2024 04 02 at 1.08.34 PM 1

Selasa, 02 April 2024 telah terlaksana Giat Ramadhan Pengadilan Agama Sibuhuan. Adapun petugas Giat Ramadhan Tahun 1445 H hari ini yaitu bertindak sebagai Muadzin yaitu Bapak Dedy Rikiyandi, S.H.I. bertindak sebagai Imam yaitu Bapak Herizal Hasibuan, S.H.I., M.H. bertindak sebagai Pembawa Acara yaitu Ibu Syarah Ermayanti Nasution, S.H., M.H. dan yang menyampaikan Bimbingan/Ceramah yaitu Ibu Hairunnisa Lubis, S.Kom. Kegiatan Giat Ramadhan ini dilaksanakan di Ruang Aula Pengadilan Agama Sibuhuan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sibuhuan. 

 WhatsApp Image 2024 04 02 at 1.08.29 PM

Kegiatan ini diawali dengan sholat dzuhur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh Ibu Hairunnisa Lubis, S.Kom. Adapun tausiyah beliau yaitu tentang "Kisah Uwais Al-Qarni". Uwais Al-Qarni adalah seorang pemuda yang tidak terkenal di bumi tapi terkenal dilangit. Dia adalah seorang pemuda yang sangat berbakti kepada Ibunya yang menderita lumpuh. Dia mengusahakan keinginan ibunya untuk bisa naik haji ke Mekkah. Dia merupakan seorang pemuda yang sudah dijamin masuk syurga oleh Rasulillah SAW. Saat pelaksanaan ibadah haji dia berdoa kepada Allah dengan tulus agar semua dosa ibunya diampuni oleh Allah SWT. DIkarenakan ketulusan hatinya maka Allah SWT memberikan karunia kepadanya dan menyembuhkan penyakit kustanya. Pada akhir hidupnya banyak malaikan yang ikut serta dalam memandikan, mengkafani, menyolatkan dan menguburkannya. Begitulah Uwais Al Qarni, sosok yang sangat berbakti kepada orang tua, dan itu sesuai dengan sabda Rasulullah ketika beliau ditanya tentang peranan kedua orang tua. Beliau menjawab, “Mereka adalah (yang menyebabkan) surgamu atau nerakamu.” (HR Ibnu Majah).

WhatsApp Image 2024 04 02 at 1.08.34 PM

 

WhatsApp Image 2024 04 01 at 13.02.24

Senin, 01 April 2024 telah terlaksana Giat Ramadhan Pengadilan Agama Sibuhuan. Adapun petugas Giat Ramadhan Tahun 1445 H hari ini yaitu bertindak sebagai Muadzin yaitu Bapak Muhammad Sarkawi, S.H.I. bertindak sebagai Imam yaitu YM. Bapak Riki Handoko,S.H.I.,M.H bertindak sebagai Pembawa Acara yaitu Ibu Fitriyani Nasution dan yang menyampaikan Bimbingan/Ceramah yaitu Ibu Syarah Ermayanti Nasution, S.H., M.H. Kegiatan Giat Ramadhan ini dilaksanakan di Ruang Aula Pengadilan Agama Sibuhuan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sibuhuan. 

 WhatsApp Image 2024 04 01 at 13.02.21

Kegiatan ini diawali dengan sholat dzuhur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh Ibu Syarah Ermayanti Nasution, S.H., M.H..  Adapun tausiyah beliau yaitu tentang "Waktu". Waktu merupakan rahasia Allah SWT. Manusia selalu ingin kecepatan tetapi Allah selalu ingin ketepatan. Serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT karena Dia Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Seringkali kita lupa untuk bersyukur atas nikmah yang telah diberikan kepada kita. Saat waktu yg kita nantikan datang kepada kita maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai wujud terimakasih kepada Allah SWT. Adapun Surah dalam Al-Qur'an yang membahas tentang waktu yaitu QS. Al - Asr yang berbunyi : 

وَالۡعَصۡرِۙ‏ ١ اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ‏ ٢ اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ   ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ‏ ٣

Artinya : Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Sering kali kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik sehingga banyak waktu yang terlewat dengan sia-sia. Hendaklah menjadi manusia dapat mengendalikan waktu bukan waktu yang mengendalikan kita sehingga hidup ini menjadi lebih terarah.

WhatsApp Image 2024 03 28 at 1.58.36 PM

Kamis, 28 Maret 2024 telah terlaksana Giat Ramadhan Pengadilan Agama Sibuhuan. Adapun petugas Giat Ramadhan Tahun 1445 H hari ini yaitu bertindak sebagai Muadzin yaitu Bapak Dedy Rikiyandi, S.H.I. bertindak sebagai Imam yaitu YM. Bapak Riki Handoko,S.H.I.,M.H bertindak sebagai Pembawa Acara yaitu Ibu Isro Junda Samosir, S.Pd. dan yang menyampaikan Bimbingan/Ceramah yaitu YM. Bapak Putra Tondi Martu Hasibuan, S.H.I., M.H. Kegiatan Giat Ramadhan ini dilaksanakan di Ruang Aula Pengadilan Agama Sibuhuan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sibuhuan. 

 WhatsApp Image 2024 03 28 at 1.58.35 PM 2

Kegiatan ini diawali dengan sholat dzuhur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh YM. Bapak Putra Tondi Martu Hasibuan, S.H.I., M.H.  Adapun tausiyah beliau yaitu tentang "Tahiyat Akhir". Ada petanyaan, "Kenapa nabi Ibrahim yang disebutkan di tahiyat akhir?, beliau menjelaskan karena terdapat banyak kisah nabi Ibrahim AS. di Al - Qu'an. Beliau juga diberikan predikat Ulul azmi  karena cobaan hidupnya yang diantaranya Nabi Ibrahim diberikan cobaan dengan diperintakan untuk menyembelih anaknya nabi Ismail AS., Diperintahkan untuk mengungsikan Siti Hajar ke Mekkah, Membangun Ka'bah dan pesan Nabi Ibrahim AS, yaitu "Siapapun yang naik haji ke sini (Mekkah), maka ia adalah Ummat nabi muhammad." Adapun Keistimewaan Nabi Ibrahim AS.yaitu ketika mencari Tuhan seperti terkandung pada QS.Al - An'am :76-78 yang berbunyi :

فَلَمَّا جَنَّ عَلَيْهِ اللَّيْلُ رَأَىٰ كَوْكَبًا ۖ قَالَ هَٰذَا رَبِّي ۖ فَلَمَّا أَفَلَ قَالَ لَا أُحِبُّ الْآفِلِينَ ﴿ ٧٦﴾ فَلَمَّا رَأَى الْقَمَرَ بَازِغًا قَالَ هَٰذَا رَبِّي ۖ فَلَمَّا أَفَلَ قَالَ لَئِنْ لَمْ يَهْدِنِي رَبِّي لَأَكُونَنَّ مِنَ الْقَوْمِ الضَّالِّينَ ﴿ ٧٧﴾ فَلَمَّا رَأَى الشَّمْسَ بَازِغَةً قَالَ هَٰذَا رَبِّي هَٰذَا أَكْبَرُ ۖ فَلَمَّا أَفَلَتْ قَالَ يَا قَوْمِ إِنِّي بَرِيءٌ مِمَّا تُشْرِكُونَ ﴿ ٧٨﴾

Artinya : Ketika malam telah gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: "Inilah Tuhanku", tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: "Saya tidak suka kepada yang tenggelam". Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi setelah bulan itu terbenam, dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang yang sesat". Kemudian tatkala ia melihat matahari terbit, dia berkata: "Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar". Maka tatkala matahari itu terbenam, dia berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.

Karena keistimewaan Nabi Ibrahim AS ini makanya Allah SWT. menyertakannya dalam ibadah kita. Ada kata-kata yang berbunyi, "Berziarah lah kalian, cukuplah kematian itu sebagai pengingat bagi kita ".

WhatsApp Image 2024 03 28 at 1.58.35 PM

WhatsApp Image 2024 03 27 at 9.12.50 PM 1

Rabu, 27 Maret 2024 Panitera Pengadilan Agama Sibuhuan, Bapak Muhammad Sarkawi, S.H.I. mengikuti kegiatan Safari Ramadhan Tahun 1445 H/ 2024 M yang dilaksanakan di Masjid Jami' An Nur, Kecamatan Barumun. Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Pj. Bupati  Padang lawas Bapak Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si Nomor : 400.8/892/2024 perihal Penyampaian Jadwal Safari Ramadhan 1445 H/ 2024 M tanggal 29 Februari 2024.

WhatsApp Image 2024 03 27 at 9.29.04 PM 1

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan 1445 H/ 2024 M serta menjalin silaturahim antara Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan Masyarakat. Adapun Sususanan acaranya yaitu, Sholat isya berjama'ah sekaligus melaksanakan shalat Tarawih dan shalat Witir, Pembacaan ayat suci alquran, Bimbingan dan arahan Pj. Bupati  Padang lawas Bapak Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si yang di wakilkan oleh  asisten satu, tausiyah tentang Nuzulul Qur'an, Pembacaan Doa dan acara ditutup oleh Pembawa acara. Yang menhadiri acara ini adalah Pj. Bupati Padang Lawas di wakilkan Asisten 1 bagian pemerintahan dan Kesra Pemkab Padang Lawas, Bapak H. Panguhum Nasution, S.sos., M.Ap  , Asisten 2, dan 3, Wakil Kepala Polres Padang Lawas, Pengadilan agama dan Pimpinan Organisasi Daerah (OPD) Padang Lawas.

WhatsApp Image 2024 03 27 at 1.11.10 PM

Rabu, 27 Maret 2024 telah terlaksana Giat Ramadhan Pengadilan Agama Sibuhuan. Adapun petugas Giat Ramadhan Tahun 1445 H hari ini yaitu bertindak sebagai Muadzin yaitu Bapak Toga Muda Nst, S.H. bertindak sebagai Imam yaitu YM. Bapak Akhmad Junaedi, S.Sy. bertindak sebagai Pembawa Acara yaitu Ibu Netti Hairani Dalimunthe, S.E. dan yang menyampaikan Bimbingan/Ceramah yaitu YM. Bapak Riki Handoko,S.H.I.,M.H. Kegiatan Giat Ramadhan ini dilaksanakan di Ruang Aula Pengadilan Agama Sibuhuan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sibuhuan. 

 WhatsApp Image 2024 03 27 at 1.11.13 PM

Kegiatan ini diawali dengan sholat dzuhur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh YM. Bapak Riki Handoko,S.H.I.,M.H.  Adapun tausiyah beliau yaitu tentang Berhusnudzan kepada Allah SWT. Allah Maha baik seperti yang tertera pada QS. Alfatihah yang isinya  Allah Maha Pengasih dan penyayang. Jika kita berbuat baik maka hal baik akan kembali kepada kita. Terpadat Teori Law Attraction yang terdiri dari 3 (tiga), yaitu pertama Yang baik selalu menarik kepada yg baik seperti Pertemanan, jika kita berteman dengan penjual parfum maka kita akan terkenana wangi dari parfum tersebut. Kedua Alam semesta tidak menghendaki kekosongan, Jika biasa berbuat baik lebih sedikit maka ruang kosong untuk keburukan lebih banyak dan Setiap hari kita harus memberikan yg terbaik. Adapun kesimpulannya adalah bagaimana kita berhusnudzan kepada Allah SWT, Allah Maha Baik dan Allah tidak akan memberikan beban yg melebihi batas kemampuan hambanya, setiap pekerjaan yg kita kerjakan adalah ibadah.

WhatsApp Image 2024 03 27 at 1.11.10 PM 1

Subkategori