Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/pasibuhu/public_html/plugins/system/zt_visitor_counter/helper.php on line 40
Pengadilan Agama Sibuhuan - Customer Focus

 

NO AREA PENILAIAN A B C NILAI (A/B/C) BOBOT NILAI EVIDEN
18 PIMPINAN Maklumat Pelayanan Maklumat pelayanan sudah dideklarasikan sesuai dengan isi PERMENPAN No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan dan sudah disosialisasikan, serta telah melakukan inovasi maklumat pelayanan Maklumat pelayanan sudah dideklarasikan sesuai dengan isi PERMENPAN No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan dan sudah disosialisasikan tetapi belum melakukan inovasi maklumat pelayanan Belum ada maklumat pelayanan dan atau
Maklumat pelayanan sudah dideklarasikan sesuai dengan isi PERMENPAN No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan dan belum atau sudah disosialisasikan 
B 3 1.5 Maklumat Pelayanan
19 PIMPINAN Standar Pelayanan Pengadilan (SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012) Standar pelayanan sudah ditetapkan, disosialisasikan dan sudah dilaksanakan Standar Pelayanan sudah ditetapkan tetapi belum disosialisasikan dan belum dilaksanakan Standar pelayanan belum ditetapkan A 3 3 Standart Pelayanan Pengadilan
20 PIMPINAN Salinan putusan pengadilan (SEMA No. 01 Tahun 2011) Salinan putusan telah siap pada hari ke 14 (hari kerja) setelah putusan diucapkan Salinan putusan disiapkan lewat waktu 14 (hari kerja) Tidak terkontrol A 5 5 Salinan Putusan Pengadilan
21 PIMPINAN Penetapan Majelis Hakim Penetapan majelis dan PP sudah sepenuhnya menggunakan SIPP Penetapan majelis dan PP belum sepenuhnya menggunakan SIPP Penetapan majelis dan PP  belum menggunakan SIPP A 4 4 PMH
22 PIMPINAN Manajemen Resiko Telah ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan telah dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (manajemen resiko) serta direview setiap tahun, sesuai dengan keputusan sekretaris Mahkamah Agung nomor
475/SEK/SK/VII/2019 tentang Pedoman Manajemen Risiko
Di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya
Telah ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan belum dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (identifikasi resiko) Serta direview setiap tahun dan atau tidak sesuai lagi dengan keputusan Sekma nomor 475/SEK/SK/VII/2019 tentang Pedoman Manajemen Risiko
Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya 
Belum ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan belum dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (identifikasi resiko) dan atau Telah ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan belum dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (identifikasi resiko) namun beluim direview setiap tahun dan atau tidak sesuai dengan keputusan Sekma nomor 475/SEK/SK/VII/2019 tentang Pedoman Manajemen Risiko
Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya 
A 10 10 Manajemen Resiko
23 PIMPINAN Pemanfaatan Ruang Tamu Terbuka Penerimaan tamu perkara sudah sesuai  SEMA No. 3 Tahun 2010 Ruang Tamu Terbuka sudah ada, tetapi tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya Belum ada ruang tamu terbuka A 4 4 Pemanfaatan Ruang Tamu
24 PIMPINAN Panitera bertanggungjawab terhadap Penyimpanan uang konsinyasi Pelaksanaan sudah sesuai dengan SEMA No. 4 Tahun 2008  Pelaksanaan belum sesuai dengan PERMA No. 3 Tahun 2016 atau SEMA No. 4 Tahun 2008 Belum melaksanakan A 5 5 Penyimpanana Uang Konsinyasi
28 PIMPINAN Panitera membuat Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti Penunjukan PP dan JS/JSP sudah sepenuhnya menggunakan SIPP Penunjukan PP dan JS/JSP belum sepenuhnya menggunakan SIPP Penunjukan PP dan JS/JSP   belum menggunakan SIPP A 4 4 Penunjukan PP dan JSP
29 PIMPINAN Telah dilakukan pengawasan atas pelaksanaan court calendar dengan ketentuan setiap perkara pada asasnya harus putus termasuk minutasinya dalam waktu paling lambat 5 bulan dan mengumumkannya pada pertemuan berkala dengan para hakim Telah dilakukan sepenuhnya  Telah dilakukan tapi belum sepenuhnya Belum Dilakukan  A 5 5 Pelaksanaan Court Calender
38 HAKIM PENGAWAS BIDANG Hakim Pengawas yang telah ditunjuk telah melaksanakan tugas pengawasan dan telah memberi petunjuk serta bimbingan yang di perlukan bagi para pejabat struktura maupun pejabat fungsional dan petugas yang terkait ( SK KMA /080/SK/VII/2006 ), dengan Data dukung :
a. Ada SK Penunjukan Hakim Pengawas Bidang
b. Ada Jadwal Pengawasan
c. Ada bukti laporan pengawasan
Telah Terpenuhi semuanya (dibuktikan dengan data dukung) Telah Terpenuhi sebagian (dibuktikan dengan data dukung) Tidak ada A 5 5 HAKIM PENGAWAS BIDANG
40 HAKIM Hakim Bertanggung Jawab Terhadap Minutasi Perkara Minutasi Tepat Waktu Sesuai SOP Minutasi Tepat Tetapi Belum Waktu Sesuai SOP Minutasi Tidak Tepat Waktu Sesuai SOP A 7 7 Minutasi Perkara
41 HAKIM Kewajiban Hakim untuk memonitor berita acara sidang, 1 hari sebelum hari sidang berikutnya, harus sudah selesai dan ditandatangani Selalu dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) Tidak selalu dilaksanakan Belum dilaksanakan A 7 7 Berita Acara Sidang 
42 HAKIM Hakim menetapkan hari sidang pertama Selalu dilaksanakan dengan menggunakan SIPP Tidak selalu dilaksanakan menggunakan SIPP Belum dilaksanakan A 2 2 Penetapan Hari Sidang 
43 HAKIM Hakim wajib membuat penetapan penundaan sidang  Selalu dilaksanakan dengan penetapan (dibuktikan dengan data dukung)  Tidak selalu dilaksanakan dengan penetapan (dibuktikan dengan data dukung) Belum dilaksanakan A 2 2 Penundaan Sidang
45 INTERNAL ASESOR  Tim internal Asessor
a.  SK Tim
b.  Jadwal pelaksanaan
c.  Daftar/list pertanyaan asessmen internal
(LKE)
d.  Tindak lanjut hasil temuan
Sudah dilaksanakan dan sesuai dengan SOP (dibuktikan dengan data dukung) Sudah dilaksanakan namun belum sesuai dengan SOP  Belum dilaksanakan A 7 7 Pelaksanaan Asesment Internal
46 SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT Survey kepuasan masyarakat
a.  Tim survey
b.  Jadwal Survey (minimal per 6 bulan)
c.  Kuesioner
d.  Analisa hasil survey
e.  Laporan Hasil Survey
f.  Tindak lanjut atas unsur dengan nilai terendah
dan atau dibawah batas minimal
Sudah dilaksanakan sesuai PERMENPAN No. 14 Tahun 2017 Sudah dilaksanakan namun belum sesuai PERMENPAN No. 14 Tahun 2017 Belum dilaksanakan A 8 8 Survey Kepuasan Masyarakat
47 PANMUD HUKUM Standar Pelayanan Pemberian Informasi Publik di Pengadilan
a.  Meja Informasi sesuai dengan SK Dirjen BADILAG No. 017/DjA/SK/VII/9/2017 tentang Pedoman Pelayanan Meja Informasi di lingkungan Peradilan Agama
b.  Petugas Meja Informasi ditetapkan dengan SK
c.  Tersedianya Kotak Pengaduan dan Saran,Tersediannya Formulir Permohonan Informasi sesuai dengan lampiran II dan III SK KMA No. 1-144/KMA/I/2011
d.  Petugas meja informasi sudah membuat laporan sesuai ketentuan pada SK KMA No. 1-144/KMA/I/2011
e.  Tersedianya perangkat komputer di meja informasi untuk mengakses SIPP
f.  Tersedia monitor jadwal sidang
g.  Tersedianya sarana survey harian (puas/tidak puas terhadap pelayanan pengadilan)
Terpenuhi seluruhnya Terpenuhi sebagian Tidak tersedia sama sekali A 5 5 Standart Informasi di Pengadilan
53 PANMUD HUKUM Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM)
a.  MoU antara Ketua Pengadilan dengan Lembaga Layanan Bantuan Hukum dan diperbarui setiap tahun
b.  Absensi Petugas POSBAKUM
c.  Jadwal Piket petugas POSBAKUM
d.  Buku tamu
e.  Daftar pengacara yang dapat dihubungi untuk perkara prodeo
f.  Laporan Jumlah konsultasi dan perkara yang dibantu melalui POSBAKUM ke Dirjen BADILAG
Terpenuhi keseluruhan Terpenuhi sebagian Tidak terpenuhi B 2 1 Posbakum
63 PANMUD GUGATAN Panjar Biaya Perkara Sudah ditetapkan dan sudah diinformasikan dalam media informasi ( papan dan website ) Sudah ditetapkan namun hanya diinformasikan melalui papan informasi Sudah ditetapkan tetapi tidak diinformasikan dalam media informasi A 7 7 Panjar biaya perkara
66 PANMUD GUGATAN Proses Penundaan Sidang oleh PP melalui SIPP paling lambat 1 X 24 jam Selalu dilaksanakan Tidak selalu dilaksanakan Tidak dilaksanakan           A 2 2 Proses Tundaan Sidang
67 PANMUD GUGATAN Alur Gugatan sederhana harus diinformasikan Sudah disosialisasikan dan diinformasikan internal maupun eksternal pengadilan  Sudah disosialisasikan dan diinformasikan internal pengadilan Belum disosialisasikan dan diinformasikan B 2 1 Alur Gugatan Sederhana
68 PANMUD GUGATAN Kesesuaian pelayanan pada Panmud Gugatan dengan SK Ketua Pengadilan Sudah dilaksanakan seluruhnya Sudah dilaksanakan sebagian                                         Tidak dilaksanakan A 2 2 Kesesuaian pelayanan dengan SK Ketua PA
69 PANMUD GUGATAN Papan nama daftar mediator diinformasikan oleh Panmud Gugatan Sudah dibuat dan sudah diinformasikan serta telah diinput pada sipp
Sudah dibuat namun belum diinformasikan  namun belum diinput di sipp                Belum ada A 2 2 Papan Nama Mediator
71 PANMUD GUGATAN Permohonan kasasi yang telah memenuhi syarat formal selambat lambatnya dalam waktu 14 hari setelah tenggang waktu mengajukan memori kasasi berakhir, berkas kasasi harus sudah dikirim ke Mahkamah Agung (Buku II) Selalu dilaksanakan Tidak selalu dilaksanakan Tidak dilaksanakan A 2 2  Pelayanan Kasasi
72 PANMUD GUGATAN Dalam waktu 30 hari sejak permohonan banding diajukan berkas banding berupa bundel a dan b harus sudah dikirim ke PTA/MS Selalu dilaksanakan Tidak selalu dilaksanakan Tidak dilaksanakan A 3 3 Pelayanan Banding
83 PANMUD PERMOHONAN Panjar Biaya Perkara Sudah ditetapkan dan sudah diinformasikan dalam media informasi ( papan dan website ) Sudah ditetapkan namun hanya diinformasikan melalui papan informasi Sudah ditetapkan tetapi tidak diinformasikan dalam media informasi A 7 7 Panjar Biaya Perkara
86 PANMUD PERMOHONAN Kesesuaian pelayanan pada Panmud Permohonan dengan SK Ketua Pengadilan Sudah dilaksanakan seluruhnya Sudah dilaksanakan sebagian                                         Tidak dilaksanakan A 2 2 Kesesuaian Pelayanan Panmud
87 PANMUD PERMOHONAN Permohonan kasasi yang telah memenuhi syarat formal selambat lambatnya dalam waktu 14 hari setelah tenggang waktu mengajukan memori kasasi berakhir, berkas kasasi harus sudah dikirim ke Mahkamah Agung (Buku II) Selalu dilaksanakan Tidak selalu dilaksanakan Tidak dilaksanakan A 3 3 Permohonan Kasasi
103 PANITERA PENGGANTI Kewajiban PP untuk membuat berita acara sidang, 1 hari sebelum hari sidang berikutnya, harus sudah selesai dan ditandatangani Sudah dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) Belum dilaksanakan seluruhnya Belum dilaksanakan A 2 2 Pembuatan Berita Acara Sidang
104 PANITERA PENGGANTI PP Wajib mengisi penundaan sidang  pada SIPP (paling lambat 1 X 24 Jam), dan melaporkan penundaan sidangnya ke panmud gugatan atau permohonan/ jinayat (khusus MS) Sudah dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) Belum dilaksanakan seluruhnya Belum dilaksanakan A 2 2 Penundaan Sidang
105 PANITERA PENGGANTI Mengerjakan minutasi perkara sesuai SOP Sudah dilaksanakan  Belum dilaksanakan seluruhnya Belum dilaksanakan A 8 8 Minutasi Perkara
107 JURUSITA/JURUSITA PENGGANTI Relaas panggilan sidang /delegasi harus dilaksanakan paling lama 2 hari kerja setelah surat tugas keluar ( SEMA 6 tahun 2014 ) Sudah dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) Belum dilaksanakan seluruhnya Belum dilaksanakan B 2 1 Panggilan atau Panggilan Delegasi
113 KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI TATA LAKSANA Pelaksanaan absensi sesuai dengan Perma No. 7 Tahun 2016 dan SK KMA 071/KMA/SK/V/2008 (uji petik tiga bulan terakhir) Absensi manual dan finger print sesuai dan pengisian absensi manual sudah sesuai ketentuan Absensi manual dan finger print belum sesuai namun pengisian absensi manual sudah sesuai ketentuan Absensi manual, finger print dan pengisian absensi manual tidak sesuai ketentuan A 2 2 Pelaksanaan Absensi
114 KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI TATA LAKSANA Izin keluar kantor menggunakan formulir sesuai SK KMA 071/KMA/SK/V/2008 atau surat tugas sesuai ketentuan (uji petik tiga bulan terakhir) Sudah selalu dilaksanakan Tidak selalu dilaksanakan                                                Belum dilaksanakan B 2 1 Ijin Keluar kantor
115 KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI TATA LAKSANA Peta kekuatan pegawai, rencana kebutuhan pegawai, dan Daftar Urut Kepangkatan Terpenuhi seluruhnya dan sudah tepat Terpenuhi sebagian Tidak tersedia sama sekali B 2 1 Peta Kekuatan Pegawai
130 UMUM DAN KEUANGAN Pengelolaan surat masuk/keluar di pengadilan Sudah tercatat dan menggunakan aplikasi persuratan dan terkendali Sudah tercatat, belum menggunakan aplikasi dan terkendali Sudah tercatat, tetapi belum terkendali A 5 5 Pengelolaan Surat Masuk/Keluar
135 UMUM DAN KEUANGAN Labelisasi barang milik negara Diterapkan Diterapkan sebagian Tidak diterapkan A 2 2 Labelisasi barang milik negara
136 UMUM DAN KEUANGAN Daftar barang ruangan Diterapkan Diterapkan sebagian Tidak diterapkan A 2 2 Daftar barang ruangan
137 UMUM DAN KEUANGAN Layout jalur keluar masuk kendaraan  Jalur masuk dan keluar kendaraan sudah diatur dengan baik (termasuk jalur mobil tahanan dan disesuaikan dengan kondisi mahkamah syariah) Jalur masuk dan keluar kendaraan sudah ada, tapi belum difungsikan Jalur masuk dan keluar kendaraan belum tertata A 2 2 Layout jalur keluar masuk kendaraan 
138 UMUM DAN KEUANGAN Pengaturan lahan parkir Tertata dengan baik, ada petugas parkir dan sudah dipisahkan antara karyawan dengan pengunjung Tertata dengan baik, belum dipisahkan antara karyawan dengan pengunjung Tidak tertata A 2 2 Pengaturan lahan parkir
139 UMUM DAN KEUANGAN Jalur evakuasi dan titik kumpul Sudah ada dan tepat Sudah ada tetapi belum tepat Belum ada A 2 2 Jalur evakuasi dan titik kumpul
140 UMUM DAN KEUANGAN Simulasi tanggap darurat dan kebakaran dengan instansi terkait Sudah dilaksanakan dan terbentuk tim penanganan bencana                                                   Sudah dilaksanakan tetapi belum terbentuk tim penanganan bencana   Belum dilaksanakan A 2 2 Simulasi tanggap darurat dan kebakaran dengan instansi terkait
141 UMUM DAN KEUANGAN Jalan masuk gedung pengadilan 1 Pintu dan terpantau 1 Pintu tetapi tidak terpantau Lebih dari 1 pintu masuk dan tidak terpantau A 2 2 Jalan masuk gedung pengadilan
142 UMUM DAN KEUANGAN Fasilitas untuk penyandang difabel Sudah tersedia (Toilet, jalur, kursi roda) Sudah tersedia sebagian Belum tersedia A 2 2 Fasilitas untuk penyandang difabel
143 UMUM DAN KEUANGAN Tersedia informasi tentang Visi dan Misi,Papan daftar nama hakim, Papan daftar nama mediator, alur perkara, alur pengajuan dan penanganan layanan bantuan hukum, gugatan sederhana, dan informasi panjar biaya perkara,  Tersedia seluruhnya Tersedia sebagian Belum tersedia A 2 2 Papan Informasi Visi dan Misi, Nama Hakim, Mediator dll
144 UMUM DAN KEUANGAN Sarana alat pemadam api ringan (APAR) Ada, memadai dan terkontrol Ada tetapi tidak memadai Belum ada A 2 2 Sarana alat pemadam api ringan (APAR)
145 UMUM DAN KEUANGAN Kebersihan lingkungan pengadilan Sudah dilaksanakan terjadwal dengan alat kontrol checklist Sudah dilaksanakan terjadwal belum ada checklist Tidak terjadwal A 2 2 Kebersihan lingkungan pengadilan
146 UMUM DAN KEUANGAN Pemeliharaan sarana dan prasarana (perangkat IT, rumah dinas, kendaraan dinas perlengkapan persidangan dll) Terjadwal dan menggunakan kartu kontrol Terjadwal tetapi belum menggunakan kartu kontrol.                                                                      Tidak terjadwal dan tidak menggunakan kartu kontrol A 2 2 Pemeliharaan Sarana dan Prasarana
147 UMUM DAN KEUANGAN Penempatan CCTV Ada dan penempatannya tepat Ada tetapi penempatannya tidak tepat Tidak ada A 2 2 Penempatan CCTV
148 UMUM DAN KEUANGAN Petugas keamanan Bersertifikat dan dilengkapi dengan peralatan Tidak bersertifikat dan dilengkapi dengan peralatan Ada, tetapi tidak memenuhi persyaratan A 2 2 Petugas keamanan
149 UMUM DAN KEUANGAN Sarana pendukung (Ruang Posbakum, Ruang jaksa (khusus MS), Ruang penasihat hukum, Ruang Laktasi, Ruang tunggu pengunjung, Ruang  kesehatan, perpustakaan)  Lengkap dan layak Lengkap, tetapi tidak layak Tidak lengkap/Tidak ada A 2 2 Sarana Pendukung
150 UMUM DAN KEUANGAN Papan realisasi anggaran DIPA 01 dan DIPA 04 Ada dan diperbarui berkala 3 bulan Ada tetapi data tidak diperbarui berkala Tidak ada A 2 2 Papan realisasi anggaran DIPA 01 dan DIPA 04
151 UMUM DAN KEUANGAN Transparansi ( keterbukaan ) RKAK/L Diinformasikan melalui media informasi dan papan pengumuman Diinformasikan melalui media informasi / papan pengumuman Tidak diinformasikan  A 2 2 Transparansi ( keterbukaan ) RKAK/L
165 PERENCANAAN, TI DAN PELAPORAN Standarisasi website pengadilan SK Dirjen Badilag No: 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA Sudah ada dan sesuai SK Dirjen Badilag No: 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA Sudah ada tetapi belum sesuai Surat SK Dirjen Badilag No: 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA Belum ada A 2 2 Standart Website