Dalam rangka pembangunan bidang hukum  sebagai bagian dari pembangunan nasional dan peningkatan pemahaman dan pengetahuin mengenai hukum mutlak, diperlukan pembentukan dokumentasi dan perpustakaan hukum yang baik. Keppres 91 Tahun 1999 tentang JDIHN disahkan sebagai landasan hukum untuk memacu dan mengembangkan JDIHN di masa mendatang. Perpres 33 Tahun 2021 tentangJDIHN menetapkan arah kebijakan tidak lagi hanya sebagai dokumentasi saja, melaikan sebagai bentuk pengolahan informasi hukum untuk memenuhi tuntutan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan ketata pemerintahan yang baik, bersih, dan bertanggungjawab.

WhatsApp Image 2022 09 29 at 9.13.41 AM

Pada hari ini Kamis, 29 September 2022 jam 09.00 WIB, bertempat di ruangan Command Center, Sekretaris Pengadilan Agama Sibuhuan Kelas II Muhamad Iqbal Zulfikar, S.E., M.M, Fatimah Zahara, S.H.I. Kasubbag Kepegawaian dan ORTALA, serta Staff/Operator IT Sarah Fatima, A.Md dan Hairunnisa Lubis, S.Kom mengikuti kegiatan Sosialisasi tentang jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya dan Pengembangan Website JDIH V.2 yang dilaksanakan secara daring oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia.

WhatsApp Image 2022 09 29 at 9.13.40 AM

Kegiatan sosialiasi ini bertujuan untuk pengembangan website JDIH v2  dan  untuk menjamin terciptanya Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang terpadu dan terintegrasi di berbagai instansi pemerintah dan institusi lainnya serta menjamin ketersediaan dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap dan akurat, serta dapat diakses secara cepat dan mudah. Beberapa dokumen hukum Mahkamah Agung yang akan dipublikasi di JDIH adalah, berupa; Putusan, Keputusan Mahkamah Agung, Kebijakan Eselon I, dan Surat Keputusan Pengadilan Pertama dan Banding terkait pelayanan dan prosedur beracara.

WhatsApp Image 2022 09 29 at 9.13.39 AM

Semoga dengan adanya pembaharuan pada Aplikasi JDIH V.2 ini dapat memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat pengguna pelayanan informasi, menjadi informasi hukum yang cepat, tepat dan mudah diakses, serta meningkatankan kualitas dan pelayanan hukum kepada pelayanan publil.