Akreditasi adalah suatu pengakuan terhadap lembaga yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga tersebut memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Adapun Penjaminan Mutu adalah serangkaian proses yang saling berhubungan untuk mengumpulkan, menganalisis dan melaporkan data mengenai kinerja dan pelayanan untuk ditindaklanjuti dengan program peningkatan mutu secara berkelanjutan. Alhamdulillah, Pengadilan Agama Sibuhuan telah mempertahankan predikat "A excellent" selama 2 tahun terakhir dalam Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Namun, hal tersebut tidak mengurangi semangat aparatur Pengadilan Agama Sibuhuan dalam meraih kembali predikat "A excellent" tahun 2022 yang akan mendatang.

WhatsApp Image 2022 06 21 at 8.21.32 AM

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sibuhuan, telah dilaksanakan rapat koordinasi implementasi APM di Pengadilan Agama Sibuhuan. Rapat ini dihadiri seluruh aparatur Pengadilan Agama Sibuhuan. Pembukaan oleh Sekretaris, Muhamad Iqbal Zulfikar, S.E., M.M., dan dilanjut pembinaan oleh Ketua PA Sibuhuan, M. Saifuddin, S.H.I. 

WhatsApp Image 2022 06 21 at 8.21.33 AM

Dalam amanatnya, Ketua PA Sibuhuan, M. Saifuddin, S.H.I menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, melengkapi data-data pada Kinsatker untuk penilaian triwulan II yang akan mendatang seperti, MoU dengan Bank, Laporan Audio dan Layanan Mediasi, Dekorum Ruang Sidang, Realisasi DIPA 04 dan DIPA 01, Laporan Hakim Pengawas Bidang, Laporan Sisa Panjar, serta Juara. Beliau juga menyampaikan untuk meningkatkan realisasi untuk prodeo, posbakum, serta sidang keliling, terutama prodeo agar meningkatnya akses peradilan bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan.

WhatsApp Image 2022 06 21 at 8.21.30 AM

Dalam kesempatan tersebut Beliau juga menyampaikan bahwa seluruh aparatur agar memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dalam APM meningkatkan kualitas kerja bagi Sumber Daya Manusia yang ada. Beliau juga kembali mengajak seluruh pegawai untuk bersama-sama bergerak cepat untuk memperbarui eviden-eviden sampai dengan akhir bulan Juni ini. “Kita perlu mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan untuk APM, oleh karena itu kita perlu membentuk sebuah tim untuk meningkatkan kinerja dalam persiapan kegiatan ini” ujar Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan.

WhatsApp Image 2022 06 21 at 8.21.31 AM

Selanjutnya diadakan kegiatan musyawarah mufakat untuk pembentukan Tim Kegiatan APM. Setelah terbentuknya Tim Kegiatan APM ini Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan beserta Panitera dan Sekretaris berharap kepada seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sibuhuan dapat bekerja sama guna sukesnya kegiatan ini. "Hasil luar biasa tidak didapat dengan cara biasa", ujar Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan.