Senin, 20 Desember 2021 Tim Kesekretariatan Pengadilan Agama Sibuhuan menghadiri Pembinaan Kesekretariatan yang dilaksanakan di Aula PTA Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sibuhuan, Muhamad Iqbal Zulfikar, S.E., M.M., Kasubbag Umum dan Keuangan, Ilham Syukri, A.Md, dan CPNS Sarah Fatima, A.Md.

BIMTEK PTA MEDAN KESEKRETARIATAN 4

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan membuka acara secara resmi pada jam 0.12 WIB. Dalam arahannya ketika membuka acara pembinaan tersebut, beliau menyebutkan bahwa Kesekretariatan mempunyai tugas melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia serta sarana prasarana di satuan kerja masing-masing. Hal ini sesuai dengan Perma Nomor 7 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan. Diuraikan lebih lanjut oleh Ketua PTA Medan, bahwa Kesekretariatan merupakan core business pengadilan, yaitu sebagai supporting unit dalam terselenggaranya core business Pengadilan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan.

BIMTEK PTA MEDAN KESEKRETARIATAN 3

Pembinaan ini dibagi menjadi tiga tahapan, yang pertama mengenai Implementasi Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang disampaikan oleh narasumber Hakim Tinggi PTA Medan Dr. Drs. H. Syaifuddin, SH,.M.Hum. Dilanjutkan tahap kedua oleh narasumber Kasubbag Tata Usaha Rumah Tangga PTA Medan Muhammad Syahrul Ramadhan, SH, MH. mengenai materi Protokol PTA Medan.

BIMTEK PTA MEDAN KESEKRETARIATAN 5

Hakim Tinggi PTA Medan, Dr. H. Syaifuddin, S.H., M. Hum., yang juga sebagai narasumber, dalam arahannya menyampaikan bahwa, "tahapan bekerja dengan baik adalah harus bisa menguasai 2 aspek yaitu cognitive dan knowledge."

Pada tahap terakhir ditutup dengan pembinaan oleh Ketua PTA Medan, Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, SH,.MH. yang menyampaikan mengenai laporan penilaian kinerja triwulan. Beberapa item yang dijadikan sebagai indikator dalam kinerja triwulan seperti nilai SIPP, nilai e-court dan lain-lain. Beliau juga menambahkan ada beberapa item penilaian yang bisa meingkatkan nilai asalkan dikelola dengan baik, yaitu tentang website, inovasi dan juara.

BIMTEK PTA MEDAN KESEKRETARIATAN 6

“Saya minta kepada peserta pembinaan ini agar memperhatikan dan mensupport admin supaya memperbaiki kinerja website, inovasi dan juara,” pesan H. Abd. Hamid Pulungan . Beliau juga meminta pada Kinerja Triwulan IV yang akan datang nilai website minimal 4.50, nilai inovasi minimal 1.00 dan nilai juara harus mencapai 5.00.

BIMTEK PTA MEDAN KESEKRETARIATAN 1