Situasi yang tidak biasa terlihat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Sibuhuan pada Kamis, 23 Februari 2023. Pada hari tersebut, ruang sidang Pengadilan Agama Sibuhuan tidak di isi dengan pihak-pihak berperkara melainkan di isi oleh Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan Bainar Ritonga, S.Ag., M.H. bersama 5 (lima) mahasiswa magang Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan (UIN Syahadah). Saat itu berlangsung bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan magang di Pengadilan Agama Sibuhuan.

WhatsApp Image 2023 02 23 at 15.21.33

Pada kesempatan itu, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan memaparkan materi terkait proses beracara di Pengadilan Agama. Bimbingan tersebut mengupas mulai dari awal yaitu pendaftaran permohonan dan gugatan sampai dengan putusan akhir. Kegiatan itu berlangsung sangat hangat, yang mana terjadi diskusi yang sangat interaktif antara Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan dan mahasiswa magang. Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan sangat bersemangat dalam pemaparannya dan mahasiswa magang sangat antusias dalam bimbingan tersebut.

WhatsApp Image 2023 02 23 at 15.21.41

Selain itu, pada kesempatan tersebut dimanfaatkan juga oleh Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan untuk memberi motivasi dan semangat kepada mahasiswa magang. Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan mengatakan kepada mahasiswa magang untuk senantiasa menjaga keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual. Sehingga kedepannya mahasiswa magang tersebut menjadi insan yang memiliki kecerdasan dan juga attitude yang baik serta dapat berkontribusi bagi perkembangan nusa, bangsa, agama dan negara.

WhatsApp Image 2023 02 23 at 15.21.40