Jumat, (21/10/2022) Bertempat di Media Center Pengadilan Agama Sibuhuan, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan, Ibu Bainar Ritonga, S.Ag., M.H. didampingi oleh Hakim Pengadilan Agama Sibuhuan, Bapak Putra Tondi Martu Hasibuan, S.H.I., M.H, Panitera Pengadilan Agama Sibuhuan, Bapak Muhammad Sarkawi, S.H.I. dan Panmud Permhonan Pengadilan Agama Sibuhuan, Bapak Dedy Rikiyandi, S.H.I. mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama Secara Daring, yang diselenggarakan oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, dengan topik bahasan “Permasalahan Hukum Wakaf di Pengadilan Agama”. Kegiatan ini dibuat karena adanya putusan Pengadilan Agama yang menarik untuk dibahas, dan juga sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi Tenaga Teknis di linkungan Peradilan khususnya terkait Permasalahan Hukum Wakaf di Pengadilan Agama.

WhatsApp Image 2022 10 21 at 09.19.02

Bapak Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. selaku Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI, mengatakan bahwa walaupun perkara wakaf di Pengadilan Agama di seluruh Indonesia termasuk ke dalam perkara yang langka, akan tetapi pemahaman mendalam harus tetap dimiliki oleh setiap hakim. Jangan sampai ada unsur ketidakadilan dari putusan yang diselesaikan oleh hakim dirasakan oleh para pencari keadilan.

WhatsApp Image 2022 10 21 at 09.19.03

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung, yakni Bapak Dr. Drs. H. Abdul Manaf, M.H. Beliau menjelaskan bagaimana pentingnya memahami secara mendasar mengenai hukum materil hukum formil. Kegiatan ini juga diikuti oleh YM Pimpinan dan YM Para Hakim Agung, serta Hakim di lingkungan Badan Peradilan Umum dan Badan Peradilan Agama di seluruh Indonesia. 

WhatsApp Image 2022 10 21 at 09.19.04